Sunday, January 24, 2016

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN "Strategi Dalam Menghadapi Era Persaingan Industri Telekomunikasi Indonesia"

Siti Kurniasih
Akuntansi C - Semester 3
STIE Sebelas April Sumedang

Strategi Dalam Menghadapi Era Persaingan Industri Telekomunikasi Indonesia
Perusahaan: PT.Indosat
Dalam era persaingan sekarang ini, jaringan telekomunikasi sangat diperlukan oleh setiap orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua membutuhkan jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.
Dengan adanya kebutuhan tersebut, maka Industri Telekomunikasi saling bersaing untuk memenuhinya. Dalam menghadapi persaingan dibutuhkan beberapa strategi agar PT.Indosat bisa lebih unggul dari Industri Telekomunikasi lainnya.
Adapun strategi yang akan diterapkan dalam 3 era persaingan tersebut adalah:
1.      Industri Telekomunikasi Berkompetisi Pada Infrastruktur

PT.Indosat sebagai penyedia layanan seluler, akan menawarkan produk dasar yaitu kartu Indosat. Produk dari kartu Indosat yaitu IM3 dan Mentari. IM3 adalah kartu prabayar dari Indosat untuk anak muda Indonesia. IM3 ngasih kamu segalanya buat seru-seruan tanpa batas. Inovasi dari IM3 bikin kamu tetap gaul dan gak bikin kantong bolong. Seru-seruannya IM3 gak ada yang bisa nyaingin. GSM multimedia yang paling ngerti maunya kamu. Dari mulai bikin blog sampai download internet. Dari voice call sampe video call, IM3 juga punya, apalagi di tambah dengan layanan gratis Social Media.
Sedangkan Mentari merupakan kartu prabayar yang dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Mentari bahkan juga dapat dipergunakan saat internasional roaming di banyak negara. Berbagai fasilitas disediakan untuk kemudahan dan kenyamanan berkomunikasi dengan tarif murah. Kartu Mentari mengandung nilai Kepercayaan, Kekeluargaan dan Ekonomis, serta memiliki fitur dan layanan yang lengkap.
Indosat telah mengeluarkan produk baru dengan layanan data yang memadai untuk jaringan 4G, yaitu Indosat Ooredoo. Dengan adanya produk baru ini, diharapkan Indosat dapat lebih unggul dalam Industri Telekomunikasi.



2.      Industri Telekomunikasi Berkompetisi Pada Ketatnya Persaingan Harga

Ketatnya persaingan harga dalam Industri Telekomunikasi membuat Indosat sebagai salah satu penyedia jasa seluler, mencoba untuk menyesuaikan harga produk Indosat sehingga dapat bersaing secara sehat.
Pada awal memperkenalkan produk-produk Indosat, kami akan menentukan harga sesuai dengan kenaikan biaya plus. Setelah itu, kami akan menentukan harga dengan nominal yang dapat menembus pasar. Dimana pada saat itu harga harus seimbang, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Setelah produk sudah banyak di minati, harga harus sama atau lebih baik daripada pesaing.
Dalam penentuan harga, diperlukan pemilihan distribusi yang memadai agar harga penjualan produk dapat diminimalisir seminimal mungkin. Kegiatan distribusi akan dipilih secara selektif dan intensif.
Selain itu, penentuan harga juga ditentukan oleh promosi penjualan yang dilakukan. Pada tahap awal, kami menggunakan banyak promosi penjualan untuk menarik pencoba, dan mengurangi pengambilan keuntungan dari besarnya permintaan konsumen. Akan lebih efektif dan efisien jika promosi ini kita lakukan melalui pengiklanan produk.

3.      Industri Telekomunikasi Berkompetisi Pada Kompetisi Layanan Data

Dalam hal ini, Indosat akan membangun layanan data yaitu jaringan 4G. Jaringan Indosat SUPER 4G-LTE merupakan jaringan nirkabel tercepat penerus jaringan 3G dengan standar baru untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan. Kapasitas jaringan Indosat SUPER 4G-LTE mencapai kecepatan 185Mbps (download) dan hingga 41 Mbps (upload). Selain itu, manfaat dari adanya jaringan 4G-LTE ini adalah streaming video tanpa buffering, multiplayer game, dan koneksi multidevice dengan kecepatan tinggi. Pembangunan jaringan 4G-LTE ini adalah sebagai bentuk inovasi dan pelayanannya untuk para pelanggan Indosat.



Kesimpulan dan Saran
a.    Kesimpulan
Tiga era persaingan dalam Industri Telekomunikasi yaitu Industri Telekomunikasi berkompetisi pada infrastruktur, berkompetisi pada ketatnya persaingan harga, dan berkompetisi pada kompetisi layanan data. Ketiga era persaingan tersebut menyebabkan keharusan untuk membuat strategi yang akan diterapkan dalam menghadapinya. Strategi tersebut berfokus pada penyediaan produk, penetapan harga produk, pendistribusian produk, pengiklanan, hingga promosi penjualan.
b.    Saran
Setiap strategi haruslah dilaksanakan dengan pengambilan keputusan yang hati-hati dan dapat mencapai keefektifan dan keefisiensian pembauran pemasaran produk. Misalnya dalam strategi harga, para pelanggan cenderung akan lebih memilih sesuatu yang murah tetapi tidak murahan. Untuk itu, Indosat harus menerapkan harga yang terjangkau untuk masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah. Harga tersebut harus disesuaikan dengan penyerahan layanan dari Indosat itu sendiri. Begitupun dalam promosi penjualan, agar para pelanggan mengenal dan tertarik pada produk-produk terbaru Indosat, maka Indosat harus melakukan promosi penjualan melalui media elektronik maupun media cetak, misalnya melalui iklan di televisi, majalah, koran, dan internet.


SEMOGA BERMANFAAT :)
SILAHKAN COPY DAN SERTAKAN LINK SUMBER NYA YA ;)
JANGAN JADI PEMUDA PENJIPLAK , JADILAH ANAK BANGSA YANG BANGGA DENGAN KARYA SENDIRI DAN MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN :) ;)
DON'T BE SILENT READ !!!!!!


No comments:

Post a Comment